silabus b jawa ber-eek kelas x-1

Posted on May 21, 2011


KELAS X SEMESTER 1-2

LILIS  RUSENYWATI, S.Pd.

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 REMBANG

 

SILABUS BAHASA JAWA

KELAS X SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  1

Standar Kompetensi           :

MENDENGARKAN

Mampu mendengarkan dan lisan smemahani wacana astra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa

  1.  

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Strategi Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

1.1

 Mendengarkan pengumuman kegiatan kemasyarakan 1       Menyebutkan pokok-pokok isi pengumuman

2       Merangkum pokok-pokok isi pengumuman dengan kalimat sendiri

3       menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok pengumuman  yang telah ditulisnya

4      menanggapi (isi) pengumuman  yang disampaikan secara lisan

Wara-Wara

Eksplorasi:

  • Secara individual siswa mendengarkan wara-wara dari radio/tv/atau surat kabar yang dibacakan teman/guru

Elaborasi:

  • Mencatat pokok-pokok  wara-wara
  • Membuat rangkuman wara-wara secara tertulis/lisan
  • Siswa membuat pertanyaaan sekaligus dapat menjawab pertanyaan dari wara-wara
  • Menyampaikan secara lisan rangkuman wara-wara yang telah ditulisnya
  • Membuat tanggapan atas wara-wara

Konformasi:

 

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai wara-wara
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

2

Buku Paket Bahasa Jawa Kelas X

Tuladha wara-Wara dari Kalawarti

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

Catetlah pokok-pokok wara-wara sing mbok rungokake dengar!

1. 2

 Mendengarkan cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman dalam ragam bahasa krama 1       menyebutkan tema cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya

2       Menyebutkan pelaku/tokoh dari cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya n

3       menjelaskan perwatakan tokoh-tokoh tersebut

4       menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya

5       Menjelaskan alur cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya dengan disertai contoh kalimat pendukungnya

6       menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya

7       menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya

8       menceritakan kembali secara lisan cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya

Pengalaman Pribadhi

Eksplorasi:

  • Secara individual siswa mendengarkan pengalaman pribadi yang diceritakan temannya teman/guru

Elaborasi:

  • Menyebutkan tema cerita pengalaman pribadi yang didengarkan
  • Menyebutkan pelaku/tokok dari cerita pengalaman pribadi yang didengarkan
  • Menjelaskan perwatakan tokoh diberi kalimat pendukung
  • menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnyMenjelaskan alur cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya dengan disertai contoh kalimat pendukungnya
  • menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya
  • menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya
  • menceritakan kembali secara lisan cerita pengalaman pribadi yang didengarkannya

Konfirmasi:

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil suntingan peserta didik mengenai paragraf yang ditulis temannya
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis jeniis-jenis paragraf dengan pilihan kata yang tepat dan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

2

Buku paket Bahasa Jawa Kelas X

Kalawart/ariwarti

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. Apa tema cerita pengalaman pribadi kasebut?

1.3

Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman 1         menyebutkan tema cerita rakyat yang didengarkannya

2       Menyebutkan pelaku/tokoh dari cerita rakyat yang didengarkannya

3       menjelaskan perwatakan tokoh-tokoh tersebut

4       menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya

5       Menjelaskan alur cerita rakyat yang didengarkannya dengan disertai contoh kalimat pendukungnya

6       menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita rakyat yang didengarkannya

7       menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerita rakyat  yang didengarkannya

8         menceritakan kembali secara lisan cerita rakyat  yang didengarkannya

Cerita Rakyat:

  • Dumadine Watu Layar
  • Nyi Puspo Cempoko
  • Dampo Awang

Eksplorasi:

Seecara Individual  siswa mendengarkan cerita rakyat yang didengarkan

Elaborasi:

  • menyebutkan tema cerita rakyat yang didengarkannya
  • Menyebutkan pelaku/tokoh dari cerita rakyat yang didengarkannya
  • menjelaskan perwatakan tokoh-tokoh tersebut
  • menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya
  • Menjelaskan alur cerita rakyat yang didengarkannya dengan disertai contoh kalimat pendukungnya
  • menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita rakyat yang didengarkannya
  • menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerita rakyat  yang didengarkannya
  • menceritakan kembali secara lisan cerita rakyat  yang didengarkannya

Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai isi geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu membacakan geguritan dengan baik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Membuat kliping cerita rakyatt

Cerita Rakyat:

  • Dumadine Watu Layar
  • Nyi Puspo Cempoko
  • Dampo Awang

Buku Cerita Rakyat

 

Kalawart1 PS

 

Kalawarti JB

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. Apa tema cerita rakyat sing bok rungokake!

 

KELAS X SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  1

Standar Kompetensi           :

MENULIS

  1. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

4.1

Menulis ringkasan wacana nonsastra tentang budaya jawa 1         Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya

2         Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya

3         Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya

4         Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan

5         Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph

6         Menyunting paragraph yang ditulis teman

Paragraf Deduktif – Induktif Eksplorasi:

Secara individual siswa memperhatikan penjelasan guru tentang paragraf induktif dan deduktif

Elaborasi:

1         Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya

2         Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya

3         Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya

4         Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan

5         Membuat paragraph

6         dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph

7         Menyunting paragraph yang ditulis teman

Konfirmasi:

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil suntingan peserta didik mengenai paragraf yang ditulis temannya
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis jeniis-jenis paragraf dengan pilihan kata yang tepat dan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Mengkliping paragraf sesuai dengan jenisnya

4 jampel Buku Paket Bahasa Jawa

Surat kabar/Ariwarti

Kalawarti/ Majalah

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. Buatlah paragraf deduktif dengan kalimat utama ….

4.2

Menulis wacana sederhana menggunakan huruf Jawa
  1. Menulis kalimat yang mengandung angka ke dalam huruf jawa
  2. Menulis kalimat yang mengandung aksara swara dalam huruf  jawa..
  3. Menulis wacana sederhana dengan topik tertentu ke dalam huruf jawa
  4. Manyunting wacana yang ditulis  dalam huruf jawa oleh temannya.
Menulis Wacana Berhuruf Jawa Eksplorasi:

Secara individu memperhatikan penjelasan guru tentang hal-hal yang akan ditulis dalam huruf jawa

Elaborasi:

  1. Menulis kalimat yang mengandung angka ke dalam huruf jawa
  2. Menulis kalimat yang mengandung aksara swara dalam huruf  jawa..
  3. Menulis wacana sederhana dengan topik tertentu ke dalam huruf jawa
  4. Manyunting wacana yang ditulis  dalam huruf jawa oleh temannya.

 

 

Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil peserta didik mengenai tulisan aksara Jawa
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis aksara Jawa dengan tepat
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Membuat kliping wacana berhuruf jawa

4 jampel Pedoman penulisan aksara Jawa

Buku Paket bahasa Jawa

Kalawarti PS

Kalawarti JB

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1.  Tulislah/ salinlah kalimat di bawah dengan aksara jawa …..

4.3

Menulis geguritan

  1. Memilih/menentukan tema geguritan
  2. Menulis geguuritan sesuai dengan suasana dan diksi yang tepat
  3. Menyunting geguritan yang ditulis teman
  4. 4..  Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat
Geguritan Eksplorasi:

Secara individual siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara/pedoman penulisan geguritan

Elaborasi:

  1. Memilih/menentukan tema geguritan
  2. Menulis geguuritan sesuai dengan suasana dan diksi yang tepat
  3. Menyunting geguritan yang ditulis teman
  4. Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

Konfirmasi:

  • Guru memberikan umpan balik positif terhadap upaya siswa membuat geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mampu menulis  geguritan
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Membuat kliping geguritan

2 jampel Buku Paket

Buku Bahasa Jawa

Kalawarti PS

Kalawarti JB

Buku Geguritan

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1.  Buatlah geguritan dengan tema ….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELAS X SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  1

Standar Kompetensi           :

MEMBACA

Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

3.1

Membaca  pemahaman wacana nonsastra tentang budaya jawa

  1. Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
  2. Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
  3. Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
  4. Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
  5. Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
  1. Menyunting paragraph yang ditulis teman
Wacana Eksposisi Eksplorasi:

Secara individual membaca dalam hati wacana nonsastra (Eksposisi) tentang budaya jawa

Elaborasi::

  • Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
  • Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
  • Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
  • Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
  • Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
  • Menyunting paragraph yang ditulis teman

 

Konfirmasi:

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai bacaan yang memuat paragraph eksposisi
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menemukan tema, kalimat penjelas dan cirri-ciri paragraf eksposisi.
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Membuat kliping

2 jampel Buku Paket Bahasa Jawa

Kalawarti JB, PS

Eksposisi Gorys Keraf

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. gagasan pokok paragraf di bawah ini adalah ….

3.2

Membaca pemahaman wacana berhuruf Jawa 10-15  kalimat

  1. Melakukan transliterasi pada wacana berhuruf jawa
  2. Membaca wacana berhuruf jawa dengan pemenggalan dan  intonasi/pelafalan yang tepat.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
  4. Manulis wacana berhuruf latin ke dalam wacana berhuruf Jawa.
Membaca Wacana Berhuruf Jawa Eksplorasi:

Membaca wacana berhuruf jawa

Elaborasi:

  • Peserta didik  transliterasi pada wacana berhuruf jawa
  • Membaca wacana berhuruf jawa dengan pemenggalan dan  intonasi/pelafalan yang tepat.
  • Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
  • Manulis wacana berhuruf latin ke dalam wacana berhuruf Jawa

Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil siswa dalam  membacakan wacana beraksara jawa
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu membacakan wacana beraksara jawa secara tepat
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

 

4 jampel Buku pedoman menulis aksara jawa

Buku pakett Bahasa Jawa

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. Bacalah wacana berhuruf jawa di bawah ini!

3.3

Membaca indah geguritan

  1. Memberikan penjedaan pada geguritan yang akan dibaca
  2. Membaca geguritan dengan intonasi dan pelafalan yang tepat
  3. Memberikan tanggapan pembacaan geguritan yang dilakukan oleh teman
  4. Menjelaskan struktur batin geguritan yang  dibaca
Geguritan Ekslorasi:

Membaca dalam hati geguritan untuk melakukan apresiasi

Elaborasi:

  1. Memberikan penjedaan pada geguritan yang akan dibaca
  2. Membaca geguritan dengan intonasi dan pelafalan yang tepat
  3. Memberikan tanggapan pembacaan geguritan yang dilakukan oleh teman
  4. Menjelaskan struktur batin geguritan yang dibaca

Konfirmasi:

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil peserta didik dalam melantunkan geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menceritakan kembali isi geguritan
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
  • Membuat kliping geguritan

 

2 jampel Buku Paket bahasa Jawa

Buku geguuritN

Kalawarti PS/JB

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. Bacalah geguritan di bawah ini dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELAS X SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  1

Standar Kompetensi           :

BERBICARA

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

2.1

Berdialog menggunakan parikan/wangsalan

  1. Menjelaskan ciri-ciri parikan
  2. Menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  3. Menjelaskan ciri-ciri wangsalan
  4. menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  5. Mampu membuat parikan  dengan benar
  6. Mampu membuat wangsalan dengan benar
  7. Mampu berdialok dengan menggunakan parikan
  8. .Membuat dialog dengan menggunakan wangsalan
  9. Memeragakan dialog dengan menggunakan parikan/wangsalan
Paikan

Wangsalan

Tatap Muka:

Memperhatikan penjelasan guru tentang  parikan dan wangsalan

Tugas Terstruktur:

  • Menjelaskan ciri-ciri parikan
  • Menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  • Menjelaskan ciri-ciri wangsalan
  • menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  • Mampu membuat parikan  dengan benar
  • Mampu membuat wangsalan dengan benar
  • Mampu berdialok dengan menggunakan parikan
  • .Membuat dialog dengan menggunakan wangsalan
  • Memeragakan dialog dengan menggunakan parikan/wangsalan

Konfirmasi:

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai parikan/wangsalan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu mengungkapkan  perasaannya dalam bentuk wangsalan/parikan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Menerapkan parikan/wangsalan dalam kehidupan sehari-hari
2 jampel Buku Paket Bahasa Jawa

Kalawarti

Buku Paramasastra

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen

uraian bebas

pilihan ganda

Jangkepana parikan ing ngisor iki!

2.2

Bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam krama
  1. Mendata pengalaman-pengalaman yang mengesankan yang pernah dialaminya
  2. Mampu menulis cerita dengan ragam krama.
  3. Mampu bercerita secara runtut menggunakan ragam bahasa ngoko andhap
  4. Mampu bercerita secara runtut dengan menggunakan ragam krama.
Pengalaman Pribadi yang mengesankan Eksplorasi

  • Peserta didik menyimak contoh pengalaman pribadi yang disampaikan gurunya

Elaborasi

  • Peserta didik mendata pengalaman-pengalaman yang mengesankan yang pernah dialaminya
  • Mampu menulis cerita dengan ragam krama.
  • Mampu bercerita secara runtut menggunakan ragam bahasa ngoko andhap
  • Mampu bercerita secara runtut dengan menggunakan ragam krama

Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai pengalaman pribadhi
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyusun pengalaman pribadi dengan baik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyampaikan pengalaman pribadi dengan baik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
2 jampel Buku Paket  Bahasa Jawa

Kalawarti PS

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen: uraian bebas

pilihan ganda

1. gawenen pengalaman pribadhi kang paling nengsemake  kang pernah bokalami!

2.3

Berdialog mengenai cerita rakyat
  1. Menyebutkan tokoh ( paraga)
  2. Mennyebutkan perwatakan para tokoh dengan bahasa krama.
  3. Mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan ragam krama
  4. menanggapi cerita yang disampaikan oleh teman (penampilan, ekspresi, vokal) .
Cerita Rakyat Eksplorasi

  • Guru meminta salah satu peserta didik untuk membacakan geguritan sebisanya

Elaborasi

  • Mendiskusikan unsur-unsur intriinsik geguritan (tema, gaya bahasa, nada, rasa, suasana)
  • Melaporkan hasil diskusi yang telah dilakukan
  • Memberikan tanggapan pelaporan diskusi yang dibawakan oleh perwakilan kelompok lain

2.3  Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif terhadap upaya siswa membuat geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mampu menulis  geguritan
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS BAHASA JAWA

KELAS X SEMESTER 2

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  2

Standar Kompetensi           :

MENDENGARKAN

Mampu mendengarkan dan lisan memahani wacana astra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Strategi Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

5.1

 Mendengarkan berita yang disampaikan melalui media elektronik
  1. Menyebutkan sumber berita
  2. Menyebutkan pokok-pokok isi berita (5W + 1 H)
  3. Merangkum pokok-pokok isi berita dengan kalimat sendiri
  4. menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok berita yang telah ditulisnya
  5. menanggapi (isi) berita yang disampaikan secara lisan
Pawarta Kegiatan Awal

Motivasi:

  1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang pawarta
  2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat mendengarkan pawarta

Kegiatan Inti

2.1 Eksplorasi

  • Peserta didik berkelompok dan menyimak pawarta
  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi pokok isi pawarta

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menyebutkan sumber berita
  • Menyebutkan pokok-pokok isi berita (5W + 1 H)
  • Merangkum pokok-pokok isi berita dengan kalimat sendiri
  • menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok berita yang telah ditulisnya
  • menanggapi (isi) berita yang disampaikan secara lisan

2.3       Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai pawarta/berita
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang pawarta

Penutup

2 jampel

Buku Paket Bahasa Jawa Kelas X

Tuladha pawarta dari Kalawarti

Jenis Tagihan:

  1. tugas kelompok
  2. Individu

Bentuk Instrumen:

uraian bebas

pilihan ganda

jawaban singkat

Catetlah pokok-pokok pawarta sing mbok rungokake dengar!

5. 2

 Mendengarkan pembacaan cerkak yang disampaikan secara langsung atau rekaman
  1. menyebutkan tema cerkak yang dibacakannya
  2. Menyebutkan pelaku/tokoh dari cerkak yang dibacakan
  3. menjelaskan perwatakan tokoh-tokoh tersebut
  4. menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya
  5. Menjelaskan alur cerkak dengan disertai contoh kalimat pendukungnya
  6. menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerkak yang dibacakan
  7. menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerkak yang dibacakan
  8. menceritakan kembali secara lisan cerkak yang dibacakan
Pengalaman Pribadhi Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerkak
  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat mendengarkan cerkak

Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Peserta didik berkelompok dan menyimak cerkak
  • Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis isi cerkak

Elaborasi

  • Peserta didik menyebutkan tema cerkak yang dibacakannya
  • Menyebutkan pelaku/tokoh dari cerkak yang dibacakan
  • menjelaskan perwatakan tokoh-tokoh tersebut
  • menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya
  • Menjelaskan alur cerkak dengan disertai contoh kalimat pendukungnya
  • menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerkak yang dibacakan
  • menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerkak yang dibacakan
  • menceritakan kembali secara lisan cerkak yang dibacakan

2.4       Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai cerkak
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang cerkak

Penutup

2

Buku paket Bahasa Jawa Kelas X

Kalawart/ariwarti

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

 

Bentuk Instrumen:

uraian bebas

pilihan ganda

jawaban singkat

1. Apa tema cerita cerkak kasebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELAS X SEMESTER 2

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  2

Standar Kompetensi           :

MENULIS

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra menggunakan berbagai ragam bahasa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf jawa

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

8.1

Menulis wacana eksposisi dalam bentuk naskah berita pendek

 

1         Menentukan topic wacana eksposisi

2         Membuat karangan eksposisi dari kerangka karangan yang disediakan

3         Membuat kerangka karangan sendiri dengan topik yang telah dipipihnya

4         Menulis karangan utuh berupa wacana eksposisi berdasarkan kerangka karangan yang telah disusunnya

5         Menyunting wacana eksposisi yang ditulis teman

Wacana eksposisi Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru memberikan informasi tentang jenis-jenis wacana

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta  didik membaca  wacana eksposisi yang disajikan guru
  • Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis wacana eksposisi

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menentukan topic wacana eksposisi
  • Membuat karangan eksposisi dari kerangka karangan yang disediakan
  • Membuat kerangka karangan sendiri dengan topik yang telah dipipihnya
  • Menulis karangan utuh berupa wacana eksposisi berdasarkan kerangka karangan yang telah disusunnya
  • Menyunting wacana eksposisi yang ditulis teman

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil suntingan peserta didik mengenai wacana eksposisi yang ditulis temannya
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis jeniis-jenis wacana eksposisi dengan pilihan kata yang tepat dan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang menulis wacana eksposisi

Penutup

2 jampel Buku Paket Bahasa Jawa

Surat kabar/Ariwarti

Kalawarti/ Majalah

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Uraian bebas

pilihan ganda

jawaban singkat

1. Buatlah wacana eksposisi yang berupa naskah berita!

8.2

Menulis wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak

  • Menentukan topic wacana narasii
  • Membuat karangan narasi sederhana sebanyak dua paragraf
  • Membuat synopsis  sebanyak dua-tiga paragraph dari cerkak yang dibacanya
  • 4. Menyunting wacana narasi yang ditulis teman.
Menulis Cerkak Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru memberikan informasi tentang jenis-jenis wacana

Kegiatan Inti

2.4    Eksplorasi

  • Peserta  didik membaca  wacana narasi berupa cerkak yang disajikan guru
  • Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur intrinsiik dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerkak

2.5    Elaborasi

  • Peserta didik menentukan topic wacana narasii
  • Membuat karangan narasi sederhana sebanyak dua paragraf
  • Membuat synopsis  sebanyak dua-tiga paragraph dari cerkak yang dibacanya
  • 4. Menyunting wacana narasi yang ditulis teman

2.6    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil suntingan peserta didik mengenai wacana narasi yang ditulis temannya
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis cerkak dengan pilihan kata yang tepat dan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang menulis wacana narasi
 2 jp Buku Paket bahasa Jawa

Kalawarti PS

Kalawarti JB

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

uraian bebas

pilihan ganda

jawaban singkat

1.  Tulislah/ salinlah kalimat di bawah dengan aksara jawa …..

 

 

KELAS X SEMESTER 2

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  2

Standar Kompetensi           :

MEMBACA

Mampu membaca dan memahami  bacaan nonsastra maupun sastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

7.1

Membaca nyaring naskah berita

 

  • Memberikan tanda penjedaan pada naskah berita yang akan dibacakan
  • Membacakan berita dengan sikap yang benar dan intonasi serta pelafalan yang tepat
  • Memberikan tanggapan terhadap pembacaan naskah berita yang dilakukan teman
  • Memberikan penilaian terhadap pembacaan berita yang dilakukan oleh teman sesuai format yang disajikan guru
  • Menjawab unsure-unsur (5 W + 1H) yang terdapat dalamsebuah berita
Naskah Berita  

Kegiatan Awal

Motivasi:

Guru bertanya jawab acara-acara di tv yang biasa ditonton

Guru menanyakan kepada siswa pernah menyaksikan pembawa berita di tv

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta didik di beri teks berita
  • Peserta didik membaca teks berita dengan memberikan penanda pada naskah berita

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik memberikan tanda penjedaan pada naskah berita yang akan dibacakan
  • Membacakan berita dengan sikap yang benar dan intonasi serta pelafalan yang tepat
  • Memberikan tanggapan terhadap pembacaan naskah berita yang dilakukan teman
  • Memberikan penilaian terhadap pembacaan berita yang dilakukan oleh teman sesuai format yang disajikan guru
  • Menjawab unsure-unsur (5 W + 1H) yang terdapat dalamsebuah berita

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengen membaca berita
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyusun sekaligus membacakan naskah berita
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang menyusun naskah berita

Penutup

2 jampel Buku Paket Bahasa Jawa

Kalawarti JB, PS

Eksposisi Gorys Keraf

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

1. bacalah naskah berita  bawah ini!

7.2

Membaca nyaring cerkak 6       Menganalisis karakter dan suasana cerkak  yang akan dibacakan

7       Membacakan cerkak sesuai dengan karakter dan suasana cerita serta dengan pemenggalan dan  intonasi/pelafalan yang tepat.

8       Menganalisis unsur-unsur intrinsik cerkak

9       Menceritakan secara lisan cerkak yang dibacanya dengan bahasa sendiri.

Membaca Wacana  Cerkak Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru bertanya jawab acara-acara di tv yang biasa ditonton
  • Guru menanyakan kepada siswa pernah menyaksikan pembawa berita di tv
  • Guru menanyakan kepada siswa apakah pernah membaca naskah cerkak secara nyaring

Kegiatan Inti

2.4    Eksplorasi

  • Peserta didik diberi teks cerkak
  • Peserta didik membaca teks cerkak dalam hati dengan memberikan penanda pada naskah cerkak

2.5    Elaborasi

  • Peserta didik Mampu menyebutkan unsur-unsur intrinsik
  • Mampu menyebutkan unsur-unsur ekstrinsik.
  • Menyampaiikan hasil diskusi tentang unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
  • Menanggapi hasil diskusi yang telah dibacakan/disampaikan oleh kelompok lain
  • Mampu menceritakan kembali isi cerkak dengan menggunakan ragam bahasa krama.

2.6    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengen membaca berita
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyusun sekaligus membacakan naskah cerkak
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang menyusun naskah cerkak

Penutup

4 jampel Buku

Kumpulan cerkak

Buku pakett Bahasa Jawa

Jenis Tagihan:

tugas kelompok

Individu

uraian bebas

pilihan ganda

jawaban singkat

1. Wacanen perangan cerkak ing ngisor iki kanthi lafal lan intonasi sing bener!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELAS X SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA  3 Rembang

Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa

Kelas                                      : X

Semester                              :  2

Standar Kompetensi           :

BERBICARA

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa

 

No

KD

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Bahan

Penilaian

Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Soal

 

6.1

Menyampaikan informasi  yang diperoleh dari radio, televisi atau internet.

 

  • Menyebutkan pokok-pokok informasi
  • Menuliskan pokok-pokok informasi
  • Mampu menyampaikan kembali kepada teman informasi yang telah didengarnya secara runtut
  • memberikan tanggapan informasi yang disampaikan teman (penaampilan, vokal, keruntutan isi).
Pawarta Kegiatan Awal

Motivasi:

Guru  bertanya jawab tentang media cetak maupun meia elektronik yang diketahuinya

Guru menanyakan kepada siswa tentang kegunaan internet

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

Peserta didik memberikan contoh berita/informasi yang di dapat dari internet

2.2    Elaborasi

  • perserta didik Menyebutkan pokok-pokok informasi
  • Menuliskan pokok-pokok informasi
  • Mampu menyampaikan kembali kepada teman informasi yang telah didengarnya secara runtut
  • memberikan tanggapan informasi yang disampaikan teman (penaampilan, vokal, keruntutan isi).

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai informasi dari internet
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu mengungkapkan tanggapan tentang informasi dari internet sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang informasi internet

Penutup

2 jampel Buku Paket Bahasa Jawa

Kalawarti

Buku Paramasastra

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • Individu
Bentuk Instrumen

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
Pawarta ing ngisor iki  nduweni pokok-pokok …

6.2

Membahas atau mendiskusikan isi cerkak 1       Mampu menyebutkan unsur-unsur intrinsik

2       Mampu menyebutkan unsur-unsur ekstrinsik.

3       Menyampaiikan hasil diskusi tentang unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik

4       Menanggapi hasil diskusi yang telah dibacakan/disampaikan oleh kelompok lain

5       Mampu menceritakan kembali isi cerkak dengan menggunakan ragam bahasa krama.

Cerkak Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang jenis-jenis cerita/gancaran
  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerita cekak yang pernah dibacanya

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta didik menyimak cerkak berbahasa jawa yang disampaikan gurunya

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik mampu menyebutkan unsur-unsur intrinsik
  • Mampu menyebutkan unsur-unsur ekstrinsik.
  • Menyampaiikan hasil diskusi tentang unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
  • Menanggapi hasil diskusi yang telah dibacakan/disampaikan oleh kelompok lain
  • Mampu menceritakan kembali isi cerkak dengan menggunakan ragam bahasa krama.

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai simakan cerkak
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyampaikan ringkesan cerkak dengan baik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyampaikan analisis cerkak dengan baik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang cerkak
2 jampel Buku Paket  Bahasa Jawa

Kalawarti PS

Jenis Tagihan:

  • · tugas kelompok
  • · Individu
Bentuk Instrumen: uraian bebas

pilihan ganda

Tulisen keluwihan perangan cerkak kang diwaca kancamu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
Posted in: Uncategorized