rpp basa jawa ber-eek kelas x-1

Posted on May 21, 2011

0


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   01
Nama Sekolah

:

SMA N 3 Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

1
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MENDENGARKANMampu mendengarkan dan lisan smemahani wacana astra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar

:

 Mendengarkan pengumuman kegiatan kemasyarakan
Indikator

:

1      Menyebutkan pokok-pokok isi pengumuman2      Merangkum pokok-pokok isi pengumuman dengan kalimat sendiri

3      menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok pengumuman  yang telah ditulisnya

4      menanggapi (isi) pengumuman  yang disampaikan secara lisan

A.           Tujuan Pembelajaran

  1. Menyebutkan pokok-pokok isi pengumuman
  2. Merangkum pokok-pokok isi pengumuman dengan kalimat sendiri
  3. menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok pengumuman  yang telah ditulisnya
  1. menanggapi (isi) pengumuman  yang disampaikan secara lisan

B.            Materi Pembelajaran

Wara-Wara/Pengumuman

 

  1. C.           Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

  1. D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

 Kegiatan Awal

Motivasi:

  1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang wara-wara/ pengumuman
  2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat mendengarkan wara-wara/pengumuman

Kegiatan Inti

2.1 Eksplorasi

  • Peserta didik berkelompok dan menyimak wara-wara
  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi pokok isi wara-wara

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menyebutkan tema wara-wara
  • Setiap kelompok mendiskusikan tentang isi wara-wara
  • Secara berkelompok, peserta didik menuliskan pokok-pokok wara-wara
    • Secara berkelompok, peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi wara-wara yang didengar
    • Salah satu kelompok menanggapi pendapat kelompok lain berkaitan dengan isi wara-wara yang dikemukakan
    • Peserta didik meringkas isi wara-wara dalam beberapa kalimat
    • Peserta didik menyampaikan ringkasan secara lisan

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai wara-wara
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang wara-wara

Penutup

5

75

10

 

  1. E.            Media/ Sumber Pembelajaran
  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS  Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB REMBANG)
  • · Rekaman wara-wara
  1. F.            Penilaian
  • Butir Penilaian:
  1. Apa tema  wara-wara ing dhuwur?
  2. wara-wara mau diandharake ing acara apa?
  3. Miturut wacan sapa sing paring wara-wara?
  4. Tulisen cengkorongan wara-wara bab mengeti dinten Kartini!
  5. Tulisen surasane wae saka cengkorongan sing bok anggit!
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Tema wara-wara

10

5

0

2

Acara wara-wara

20

10

0

3

Kang paring wara-wara

10

10

0

4

Pokok-pokok/cengkorongan Wara-Wara

30

15

0

5

Nulis nganggo ukarane dhewe cengkorongan kangg wis digawe

30

10

0

Total Nilai

100

50

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   02
Nama Sekolah

:

SMA N3   Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X /1
Pertemuan ke-

:

2
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

BERBICARAMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
Kompetensi Dasar

:

Berdialog menggunakan parikan/wangsalan
Indikator

:

  1. Menjelaskan ciri-ciri parikan
  2. Menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  3. Menjelaskan ciri-ciri wangsalan
  4. menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  5. Mampu membuat parikan  dengan benar
  6. Mampu membuat wangsalan dengan benar
  7. Mampu berdialok dengan menggunakan parikan
  8. .Membuat dialog dengan menggunakan wangsalan
  9. Memeragakan dialog dengan menggunakan parikan/wangsalan

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri parikan
  2. Menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  3. Menjelaskan ciri-ciri wangsalan
  4. menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  5. Mampu membuat parikan  dengan benar
  6. Mampu membuat wangsalan dengan benar
  7. Mampu berdialok dengan menggunakan parikan
  8. .Membuat dialog dengan menggunakan wangsalan
  1. 9.      Memeragakan dialog dengan menggunakan parikan/wangsalan

 

B.            Materi Pembelajaran

Parikan/Wangsalan

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

Guru  bertanya jawab tentang ragam bahasa yang digunakan dalam dialog

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

Peserta didik memperhatikan contoh parikan/wangsalan yang disajikan guru baik dalam bentuk kalimat bebas atupan syair sebuah lagu (campursari, gendhing dan sejenisnya)

2.2    Elaborasi

  • perserta didik menjelaskan ciri-ciri parikan
  • Menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  • Menjelaskan ciri-ciri wangsalan
  • menjelaskan pedoman pembuatan parikan
  • Mampu membuat parikan  dengan benar
  • Mampu membuat wangsalan dengan benar
  • Mampu berdialok dengan menggunakan parikan
  • .Membuat dialog dengan menggunakan wangsalan
  • Memeragakan dialog dengan menggunakan parikan/wangsalan

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai parikan/wangsalan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu mengungkapkan  perasaannya dalam bentuk wangsalan/parikan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang parikan/wangsalan

Penutup

5

75

10

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB REMBANG)
  • · Kamus Basa Jawa
  • Butir Penilaian:

F.             Penilaian

Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi trep!

  1. Kepriye carane /syarate nggawe parikan/wangsalan?
  2. Tulisen parikan kanthi paugerann 4-4,4-8,8-8!
  3. Tulisen wangsalan nganggo tembung ing ngisor iki!
  • Jenang gula
  • Balung geni
  • Lemah bengkah
  • Godhong mlinjo
  1. Coba paragakake parikan kang bokgawe!
  2. Paragakake uga wangsalan kang bokgawe!
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Syarate nggawe parikan/wangsalan

20

10

5

2

Gawe parikan 20

10

5

3

Nggawe wangsalan

20

10

5

4

Maragakake parikan

20

10

5

5

Maragakake wangsalan

20

10

5

Total Nilai

100

50

25

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   03
Nama Sekolah

:

SMA  N3    Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X 1
Pertemuan ke-

:

3
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MENULIS

  1. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
Kompetensi Dasar

:

Menulis ringkasan wacana nonsastra tentang budaya jawa
Indikator

:

1        Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya2        Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya

3        Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya

4        Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan

5        Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph

6        Menyunting paragraph yang ditulis teman

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
  2. Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
  3. Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
  4. Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
  5. Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
  1. Menyunting paragraph yang ditulis teman

B.            Materi Pembelajaran

Paragraf deduktif-induktif

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

 Kegiatan Awal

Motivasi:

  • Guru memberikan informasi tentang jenis-jenis paragraph ditinjau dari letak gagasan pokoknya.

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta  didik membaca paragraf-paragraf/wacana yang disajikan guru
  • Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis paragraf

2.2    Elaborasi

  • Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
  • Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
  • Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
  • Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
  • Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
  • Menyunting paragraph yang ditulis teman

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil suntingan peserta didik mengenai paragraf yang ditulis temannya
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis jeniis-jenis paragraf dengan pilihan kata yang tepat dan sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang menulis pidato

 

Penutup

5

75

10

 

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KABUPATEN REMBANG)
  • · Buku    Eksposisi dan Argumentasi Gorys Keraf
  • Butir Penilaian:

F.             Penilaian

Pitakonan ing ngisor iki wacanen kanthi patitis!

  1. Paragraf kasebut nduweni ukara pokok …..
  2. Ditilik saka papan panggonan ukara pokok paragraf kasebut kalebu jinis paragraf ….
  3. Ana pira jinising paragraf ditilik saka papan panggonane ukara pokok?
  4. Gawenen paragraf deduktif kanthi ukara pokok rokok ngrusak mental generasi mudha!
  5. Gawenen paragraf induktif kanthi ukara pokok sinau nggawe tempe.
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Ukara pokok paragraph 1

10

5

0

2

Jinising paragraph ing ndhuwur

20

10

0

3

Jinising paragraph ditilik saka papan panggonane ukara pokok

10

10

0

4

Paragraf dedukti

30

15

0

5

Paragraf induktif

30

10

0

Total Nilai

100

50

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   04
Nama Sekolah

:

SMA N   Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

4
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MEMBACAMampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.
Kompetensi Dasar

:

Membaca  pemahaman wacana nonsastra tentang budaya jawa
Indikator

:

  1. Menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
  2. Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
  3. Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
  4. Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
  5. Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
  6. Menyunting paragraph yang ditulis teman
    1. Peserta didik menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
    2. Peserta didik menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
    3. Peserta didik menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
    4. Peserta didik menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
    5. Peserta didik membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
    6. Peserta didik menyunting paragraph yang ditulis teman

A.            Tujuan Pembelajaran

B.            Materi Pembelajaran

Paragraf Eksposisi

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

 Kegiatan Awal

Motivasi:

Guru bertanya jawab  jenis-jenis paragraf

Guru bertanya jawab paragraf eksposisi

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta didik di beri teks wacana eksposisi
  • Peserta didik membaca teks wacana eksposisi

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menjelaskan jenis-jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utamanya
  • Menentukan tema/topic paragraph yang dibacanya
  • Menentukan gagasan pokok paragraph yang dibacanya
  • Menentukan  kalimat utama pada paragraph yang disajikan
  • Membuat paragraph dengan kalimat utama di awal atau di akhir atau di awal sekaligus di akhir paragraph
  • Menyunting paragraph yang ditulis teman

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai bacaan yang memuat paragraph eksposisi
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menemukan tema, kalimat penjelas dan cirri-ciri paragraf eksposisi.
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang paragraph eksposisi

Penutup

5

75

10

 

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB. REMBANG)
  • · Kalawarti Panyebar Semangat
  • Butir Penilaian:

F.             Penilaian

Wacanen wacana eksposisi ing ndhuwur, banjur wangsulana pitakon-pitakon iing ngisor iki!

No

Paragraph

Topik

Ide pokok

Ukara pokok

Keterangan

1
2
3
  • Gawenen paragraph eksposisi kanthi ngisi kolom ing ngisor iki!

Topic

Ide pokok/cengkorongan

Paragraph eksposisi

—————————————————- —————————————————————————————————————————————– ————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————–
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Topik

10

5

2

2

Ide pokok

10

5

2

3

Ukara pokok

10

5

2

4

Nemtokake topic

20

5

2

5

Nggawe cengkorongan

30

15

5

6

Nggawe paragraph eksposisi adhedhasar cengkorongan

30

15

5

Total skor

100

50

18

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   05
Nama Sekolah

:

SMA N3    Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

5
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

BERBICARAMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
Kompetensi Dasar

:

Bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam krama
Indikator

:

  1. Mendata pengalaman-pengalaman yang mengesankan yang pernah dialaminya
  2. Mampu menulis cerita dengan ragam krama.
  3. Mampu bercerita secara runtut menggunakan ragam bahasa ngoko andhap
  4. Mampu bercerita secara runtut dengan menggunakan ragam krama.

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Mendata pengalaman-pengalaman yang mengesankan yang pernah dialaminya
  2. Mampu menulis cerita dengan ragam krama.
  3. Mampu bercerita secara runtut menggunakan ragam bahasa ngoko andhap
  4. 4.      Mampu bercerita secara runtut dengan menggunakan ragam krama

B.            Materi Pembelajaran

Pengalaman pribadhi

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang pengalaman-pengalaman yang pernah dialami siswa
  • Guru memberikan penjelasan tentang pengalaman pribadhi yang berkesan dan biasa-biasa saja

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta didik menyimak contoh pengalaman pribadi yang disampaikan gurunya

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik mendata pengalaman-pengalaman yang mengesankan yang pernah dialaminya
  • Mampu menulis cerita dengan ragam krama.
  • Mampu bercerita secara runtut menggunakan ragam bahasa ngoko andhap
  • Mampu bercerita secara runtut dengan menggunakan ragam krama

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai pengalaman pribadhi
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyusun pengalaman pribadi dengan baik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menyampaikan pengalaman pribadi dengan baik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang pengalaman pribadi

5

75

10

 

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB. REMBANG)
  • · Kalawarti Panjebar Semangat/Jaya Baya

F.             Penilaian

  • Butir Penilaian:

Gaweya pengalaman pribadi kang paling nengsemake kang tau kokalami miturut basa kang trep unggah-ungguhe  (ngoko andhap utawa karma)!

Banjur critakno ing ngarep kelas!

  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Pilihan kata

10

5

0

2

Naskah

30

15

0

3

Lafal

20

10

0

4

Intonasi

20

10

0

5

Ekspresi

20

10

0

Total Nilai

100

50

0

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   06
Nama Sekolah

:

SMA N3   Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/1
Pertemuan ke-

:

6
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MENULISMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
Kompetensi Dasar

:

Menulis wacana sederhana menggunakan huruf Jawa
Indikator

:

  1. Menulis kalimat yang mengandung angka ke dalam huruf jawa
  2. Menulis kalimat yang mengandung aksara swara dalam huruf  jawa..
  3. Menulis wacana sederhana dengan topik tertentu ke dalam huruf jawa
  4. Manyunting wacana yang ditulis  dalam huruf jawa oleh temannya.

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik  menulis kalimat yang mengandung angka ke dalam huruf jawa
  2. Menulis kalimat yang mengandung aksara swara dalam huruf  jawa..
  3. Menulis wacana sederhana dengan topik tertentu ke dalam huruf jawa
  4. Manyunting wacana yang ditulis  dalam huruf jawa oleh temannya

B.            Materi Pembelajaran

Naskah huruf Latin dan Naskah Huruf Jawa

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat membaca teks aksara jawa

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang aksara jawa

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menulis kalimat yang mengandung angka ke dalam huruf jawa
  • Menulis kalimat yang mengandung aksara swara dalam huruf  jawa..
  • Menulis wacana sederhana dengan topik tertentu ke dalam huruf jawa
  • Manyunting wacana yang ditulis  dalam huruf jawa oleh temannya

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil peserta didik mengenai tulisan aksara Jawa
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menulis aksara Jawa dengan tepat
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang aksara Jawa

Penutup

5

75

10

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB. REMBANG)
  • · Pepak Basa Jawa
  • Butir Penilaian:

F.             Penilaian

Wacan ing ngisor iki tulisen nganggo aksara Jawa!

Tiyang sinau nabuh gamelan punika sayektosipun ngulinakaken lelagonipun gendhing, wondene gendhing punika pakempalanipun swanten warna-warni ingkang sampun linaras ateges winangun ing raos ngantos saged kepenak ing talingan.

  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Aksara legena

30

15

0

2

Aksara pasangan

30

15

0

3

Aksara sandhangan urip lan sigeg

40

20

0

Total Nilai

100

50

0

Rembang 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   07
Nama Sekolah

:

SMA N 3 Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

7
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MEMBACAMampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.
Kompetensi Dasar

:

 Membaca pemahaman wacana berhuruf Jawa 10-15  kalimat
Indikator

:

  1. Transliterasi pada wacana berhuruf jawa
  2. Membaca wacana berhuruf jawa dengan pemenggalan dan  intonasi/pelafalan yang tepat.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
  4. Manulis wacana berhuruf latin ke dalam wacana berhuruf Jawa

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik transliterasi pada wacana berhuruf jawa
  2. Membaca wacana berhuruf jawa dengan pemenggalan dan  intonasi/pelafalan yang tepat.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
  4. Manulis wacana berhuruf latin ke dalam wacana berhuruf Jawa

B.            Materi Pembelajaran

Wacana berakasara jawa

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan Awal

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat membaca teks aksara jawa

Kegiatan Inti

2.1  Eksplorasi

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang aksara jawa

2.2  Elaborasi

  1. Peserta didik  transliterasi pada wacana berhuruf jawa
  2. Membaca wacana berhuruf jawa dengan pemenggalan dan  intonasi/pelafalan yang tepat.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
  4. Manulis wacana berhuruf latin ke dalam wacana berhuruf Jawa
  5. Konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil siswa dalam  membacakan wacana beraksara jawa
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu membacakan wacana beraksara jawa secara tepat
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang wacana beraksara jawa

Penutup

5

75

10

 

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB> REMBANG)
  • Butir Penilaian:

F.             Penilaian

Ukara jawa ing ngisor iki tulisen nganggo aksara latin!

 

 

?turis\A[mrikkess/ai=se[mru.

?swi[sSfivtkK[kail=ai=gunu=se[mruwiwitFinsetu :28;Agus

tus,turisHslA[mrik serikt\[nm/A[lkSnFe/weksS[nNk silFite[mokK[k[fni=tim\”SAR” . A[lkSnFe/fite[mokK[kai= puvCkA/cpfbL=:75:,seninawn\,[d[w[kKbvJu/figwmev=[po[sKotmnNsi[yon[lB]o[mote=ge/semeruk=fumunu=an[fsrnup[n, kecmtTnsenFu[ro,lumj=,jwtimu/.keplbid=peze[lolanTmnN si[yonlWilyh:2:lumj=,A=[go[ro fuwi$ujia/[toznD/r[k,ku/ bnKan[nNwrsWiris\,

?mlhnlikfigwmudu[nFni=timS/skpuvCk\A/cpf,knD[nA= [go[ro,ku/bnS=gup\mLku[d[wl[nHorpe/lufitnDu.

  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Pangrakiting tembung bener

30

15

0

2

Panulising aksara latin (translit )bener

10

5

0

3

Wacane bener

40

20

0

4

Tandha wacan lan sandhangan bener

20

10

0

Total Nilai

100

50

0

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   08
Nama Sekolah

:

SMA N 3   Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

8
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

BERBICARAMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
Kompetensi Dasar

:

Berdialog mengenai cerita rakyat.
Indikator

:

  1. Menyebutkan tokoh ( paraga)
  2. Mennyebutkan perwatakan para tokoh dengan bahasa krama.
  3. Mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan ragam krama
  4. menanggapi cerita yang disampaikan oleh teman (penampilan, ekspresi, vokal) .

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Menyebutkan tokoh ( paraga)
  2. Mennyebutkan perwatakan para tokoh dengan bahasa krama.
  3. Mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan ragam krama
  4. menanggapi cerita yang disampaikan oleh teman (penampilan, ekspresi, vokal)

 

B.            Materi Pembelajaran

Cerita Rakyat

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerita yang terdapat di lingkungan tempat tinggal
  • Guru menanyakan cerita rakyat apa yang paling digemarinya

 

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Peserta didik menyimak contoh cerita rakyat baik secara langsung ataupun  melalui rekaman

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menyebutkan tokoh ( paraga)
  • Mennyebutkan perwatakan para tokoh dengan bahasa krama.
  • Mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan ragam krama
  • menanggapi cerita yang disampaikan oleh teman (penampilan, ekspresi, vokal) .

1.1    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai cerita rakyat
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan menganalisis cerita rakyat.
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi menulis cerita rakyat dari tempat tinggalnya

5

75

10

 

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB REMBANG)

F.             Penilaian

  • Butir Penilaian:
    • Apa temane cerita rakyat sing kokwaca!
    • Kepriye watake paraga pokok ana cerita rakyat kasebut?
    • Tulisen latar crita kasebut lan wenehana ukara panyengkuyung!
    • Tulisen alur cerita rakyat ing ndhuwur nganggo basamu dhewe!
    • Critakake crita rakyat kasebut ana ngarep kelas!
    • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Tema crita rakyat

10

5

0

2

Watake paraga pokok

20

10

5

3

Latar crita

20

10

5

4

Alur crita

20

10

5

5

Crita ana ngarep kancane

30

15

5

Total Nilai

100

50

20

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   09
Nama Sekolah

:

SMA N3 Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

9
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MEMBACAMampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca
Kompetensi Dasar

:

Membaca indah geguritan
Indikator

:

  1. Memberikan penjedaan pada geguritan yang akan dibaca
  2. Membaca geguritan dengan intonasi dan pelafalan yang tepat
  3. Memberikan tanggapan pembacaan geguritan yang dilakukan oleh teman
  4. Menjelaskan struktur batin geguritan yang  dibaca

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik memberikan penjedaan pada geguritan yang akan dibaca
  2. Membaca geguritan dengan intonasi dan pelafalan yang tepat
  3. Memberikan tanggapan pembacaan geguritan yang dilakukan oleh teman
  4. Menjelaskan struktur batin geguritan yang  dibaca

B.     Materi Pembelajaran

Teks geguritan

C.     Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.   Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang geguritan
  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat geguritan

 

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Siswa mendengarkan geguritan baik secara langsung maupun melalui rekaman

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik memberikan penjedaan pada geguritan yang akan dibaca
  • Membaca geguritan dengan intonasi dan pelafalan yang tepat
  • Memberikan tanggapan pembacaan geguritan yang dilakukan oleh teman
  • Menjelaskan struktur batin geguritan yang  dibaca
  • Memberikan penjedaan pada geguritan yang akan dibaca
  • Membaca geguritan dengan intonasi dan pelafalan yang tepat
  • Memberikan tanggapan pembacaan geguritan yang dilakukan oleh teman
  • Menjelaskan struktur batin geguritan yang  dibaca

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil peserta didik dalam melantunkan geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu menceritakan kembali isi geguritan
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
    • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
    • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi untuk membuat geguritan

Penutup

5

75

10

 

E.      Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB> REMBANG)
  • · Paramasastra

5.      Penilaian

  • Butir Penilaian:

Gatekno geguritan ing ngisor iki!

   Isih ana tetesing bun adi

               Tumiyup ana pupus lumbu

               Tumiyup ana ajang ripta-sastra

               Kumpul acitra anggit gimpita

               Kaiket benang kang edi endah

               Sumangsa sinadar ndanawasih

               Ambabar ruming ludra

 

   Wengi saya nuju ring teleng

   Lamun langit katon sumilak

   Binareng swasana tintrim

   Dhewekan aku nyawang lintang

   Kumelap jejogedan ing tawang

  1. Apa temane geguritan  ing ndhuwur?
  2. struktur batin puisi kuwi cethake nganggo basamu dhewe!
  3. Wacanen geguritan ing ndhuwur nganggo intonasi lan lafal kang trep!
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Irah-irahan

10

5

0

2

Struktur batin puisi

10

5

0

3

Maca geguritan
Penampilan

20

10

5

Vocal

20

10

5

Intonasi

20

10

5

Bloking

20

10

5

Total skor

100

50

20

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   10
Nama Sekolah

:

SMA N3    Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

10
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MENDENGARKANMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
Kompetensi Dasar

:

Menulis geguritan
Indikator

:

  1. Memilih/menentukan tema geguritan
  2. Menulis geguuritan sesuai dengan suasana dan diksi yang tepat
  3. Menyunting geguritan yang ditulis teman
  4.  Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat memilih/menentukan tema geguritan
  2. Menulis geguuritan sesuai dengan suasana dan diksi yang tepat
  3. Menyunting geguritan yang ditulis teman
  4. Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

B.     Materi Pembelajaran

Geguritan

C.     Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.    Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang geguritan
  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat mendengarkan geguritan

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

Peserta didik mendengarkan geguritan dari rekaman/ guru

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik Memilih/menentukan tema geguritan
  • Menulis geguuritan sesuai dengan suasana dan diksi yang tepat
  • Menyunting geguritan yang ditulis teman
  • Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai isi geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu membacakan geguritan dengan baik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang geguritan

5

75

10

 

E.     Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS  Basa Jawa  Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB> REMBANG)
  • · Rekaman geguritan
  • Butir Penilaian:

F.      Penilaian

Wangsulana pitakon-pitakon ngisor iki adhedhasar geguritan ing ngisor iki!

Isih ana tetesing bun adi

Tumiyup ana pupus lumbu

Tumiyup ana ajang ripta-sastra

Kumpul acitra anggit gimpita

Kaiket benang kang edi endah

Samangsa sinadar ndanawasih

Ambabar ruming ludra

  1. Apa tema geguritan ing ndhuwur?
  2. Apa isining geguritan ing ndhuwur?
  3. Gawenen paraphrase geguritan kasebut!
  4. Apa tegese tetesing bun adi?
  5. 5.        Apa tegese Samangsa sinadar ndanawasih Ambabar ruming ludra?
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Tema geguritan

10

5

0

2

Isining geguritan

30

15

0

3

Paraphrase geguritan

30

15

0

4

Tegese tetesing bun adi

15

7,5

0

5

Tegese samangsa sinadar ndanawasih ambabar ruming ludira

15

7,5

0

Total skor

100

50

0

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   11
Nama Sekolah

:

SMA N        Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

11
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MENULISMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Kompetensi Dasar

:

Menulis geguritan
Indikator

:

  1. Menentukan topik geguritan yang akan ditulisnya
  2. Membuat geguritan dari topik yang telah ditentukan sesuai dengan suaasana dan diksi
  3. Menyunting geguritan yang ditulis teman
  4. Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

A.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menentukan topik geguritan yang akan ditulisnya
  2. Membuat geguritan dari topik yang telah ditentukan sesuai dengan suaasana dan diksi
  3. Menyunting geguritan yang ditulis teman
  1. Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

B.            Materi Pembelajaran

Geguritan

C.            Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru menyajikan geguritan sesuai dengan keadaan siswa
  • Guru menanyakan perbedaan geguritan dengan  tembang

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

  • Guru meminta salah satu peserta didik untuk membacakan geguritan sebisanya
  • Peserta didik memutar rekaman tembang macapat

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menentukan topik geguritan yang akan ditulisnya
  • Membuat geguritan dari topik yang telah ditentukan sesuai dengan suaasana dan diksi
  • Menyunting geguritan yang ditulis teman
  • Membacakan geguritan yang ditulis sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat

2.3  Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif terhadap upaya siswa membuat geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mampu menulis  geguritan
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang mengapresiasi geguritan

5

75

10

 

E.            Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa  Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB.  REMBANG)
  • · Buku Tuntunan Nulis Geguritan
  • Butir Penilaian:

F.             Penilaian

  1. Tulisen geguritan kanthi tema Endahing kuthaku!
  2. Coba telitinen lan benerno geguritan asil tulisaning kancamu!
  3. Wacanen geguritanmu dhewe kanthi i9ntonasi kang trep!
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Nulis geguritan

40

20

5

2

Nyunting geguritan

20

10

5

3

Maca Geguritan
Intonasi

10

5

2

Lafal

10

5

2

Vocal

10

5

2

Penampilan

10

5

2

Total Nilai

100

60

16

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   12
Nama Sekolah

:

SMA N3        Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 1
Pertemuan ke-

:

12
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

BERBICARAMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
Kompetensi Dasar

:

Membahas atau mendiskusikan  isi   geguritan
Indikator

:

  • Mendiskusikan unsur-unsur intriinsik geguritan (tema, gaya bahasa, nada, rasa, suasana)
  • Melaporkan hasil diskusi yang telah dilakukan
  • Memberikan tanggapan pelaporan diskusi yang dibawakan oleh perwakilan kelompok lain

G.           Tujuan Pembelajaran

  • Mendiskusikan unsur-unsur intriinsik geguritan (tema, gaya bahasa, nada, rasa, suasana)
  • Melaporkan hasil diskusi yang telah dilakukan
  • Memberikan tanggapan pelaporan diskusi yang dibawakan oleh perwakilan kelompok lain

H.           Materi Pembelajaran

Geguritan

I.              Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

J.             Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

Kegiatan AwalMotivasi:

  • Guru menyajikan geguritan sesuai dengan keadaan siswa
  • Guru menanyakan perbedaan geguritan dengan  tembang

Kegiatan Inti

2.1  Eksplorasi

  • Guru meminta salah satu peserta didik untuk membacakan geguritan sebisanya

2.2    Elaborasi

  • Mendiskusikan unsur-unsur intriinsik geguritan (tema, gaya bahasa, nada, rasa, suasana)
  • Melaporkan hasil diskusi yang telah dilakukan
  • Memberikan tanggapan pelaporan diskusi yang dibawakan oleh perwakilan kelompok lain

2.3  Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif terhadap upaya siswa membuat geguritan
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mampu menulis  geguritan
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang mengapresiasi geguritan

5

75

10

 

K.           Media/ Sumber Pembelajaran

  • · Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • · Modul dan LKS Basa Jawa  Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB.  REMBANG)
  • · Buku Tuntunan Nulis Geguritan
  • Butir Penilaian:

L.            Penilaian

  1. Mendiskusikan unsur-unsur intriinsik geguritan (tema, gaya bahasa, nada, rasa, suasana)
  2. Melaporkan hasil diskusi yang telah dilakukan
  3. Memberikan tanggapan pelaporan diskusi yang dibawakan oleh perwakilan kelompok lain
  • Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Unsur intrinsic geguritan

50

25

5

2

Tangapan geguritan
Diksi

15

7,5

2

Majas

15

7,5

2

Rima

10

5

2

Enjambemen

10

5

2

Total Nilai

100

50

1

Rembang, 19 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran

Drs. SUHARTONO                                                    LILIS RUSENYWATI, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                       NIP. 19710423 1999032005

Posted in: Uncategorized